SMA Negeri 1 Kendari
  • Baner

  • Jajak Pendapat
    Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
     
    Kurikulum SMAN 1 Kendari (2) PDF Cetak
    Ditulis oleh nafarudin   
    Jumat, 14 Juni 2013 11:25

     

    BAB II

    VISI, MISI, DAN TUJUAN SMA NEGERI 1 KENDARI

    A. Tunjuan Pendidikan Menengah

    Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Berdasarkan tujuan tersebut selanjutnya dikembangkan visi, misi, dan tujuan SMA Negeri 1 Kendari sebagai berikut :

    B. Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah

    1. Visi :

    ”Mewujudkan insan Indonesia yang berkepribadian Pancasila, cerdas intelegensi (IQ), emosi (EQ) dan rohani (SQ) agar mampu bersaing secara global”

    Indikator Visi:

    a. Insan yang berkepribadian Pancasila

    Membekali dan membina siswa dalam hal budi pekerti luhur, karakter bangsa dan terpuji berdasarkan nilai luhur bangsa Indonesia

    b. Cerdas intelegensi (IQ), emosi (EQ) dan rohani (SQ)

    Memberdayakan potensi kecerdasan siswa baik dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) maupun iman dan taqwa (IMTAQ)

    c. Mampu bersaing secara nasional maupun internasional

    Meningkatkan daya saing secara nasional maupun lnternasional

    2. Misi

    a. Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

    b. Membina dan membekali siswa berbudi pekerti luhur, berkarakter bangsa , berdaya saing dan kewirausahaan kreatif.

    c. Menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan

    d. Menciptakan lingkungan sekolah yang berbudaya, indah, bersih, aman, damai, agamais, harmonis, dan berciri masyarakat belajar bertaraf internasional

    e. Meningkatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) yang berlandaskan iman dan takwa (IMTAQ)

    f. Menjadi sekolah unggul dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler

    g. Meningkatkan daya saing siswa baik secara nasional maupun internasional

    3. Tujuan Sekolah

    Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

    Untuk mencapai standar mutu pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan secara nasional, kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 1 Kendari dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut :

    1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sesuai dengan agama dan kepercayaanya masing-masing

    2. Meningkatkan pengetahuan dan teknologi sesuai dengan perkembangan IPTEK

    3. Memberikan pelayanan kepada siswa dengan potensi kecerdasan dan bakat istimewa.

    4. Mengembangkan bakat dan potensi siswa sebagai bekal untuk hidup di masyarakat atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

    5. Menciptakan budaya lingkungan yang nyaman untuk meningkatkan prestasi belajar yang lebih baik.

    6. Menggali potensi yang ada untuk menciptakan keunggulan sekolah.

    7. Mengantarkan para siswa ke jenjang yang lebih tinggi dengan memiliki kualitas unggul.

    8. Mengantarkan siswa untuk terjun di masyarakat dengan memiliki jiwa wiraswasta serta kompetitif secara lokal dan global.

    9. Membentuk daya saing dan berkarakter bangsa, cerdas, kritis, kreatif, inovatif, ingin tahu, berpikir terbuka, produktif, berorientasi Ipteks, dan reflektif, beriman dan bertakwa, jujur, amanah, adil, bertanggung jawab, berempati, berani mengambil resiko, pantang menyerah, rela berkorban, dan berjiwa patriotik, ramah, saling menghargai, toleran, peduli, suka menolong, gotong royong, nasionalis, kosmopolit , mengutamakan kepentingan umum, bangga menggunakan bahasa dan produk Indonesia, dinamis, kerja keras, dan beretos belajar, bersih dan sehat, disiplin, sportif, tangguh, andal, berdaya tahan, bersahabat, kooperatif, determinatif, kompetitif, ceria, dan gigih ( olah pikir, olah hati, olah rasa dan olah raga)

    C. Program dan Sasaran Program

    Sekolah dengan memanfaatkan kekuatan dan keunggulan yang ada , maka Kepala Sekolah , Dewan Guru/Staf TU dan dengan persetujuan Komite Sekolah menetapkan sasaran program, baik untuk jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Sasaran program dimaksudkan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah.

    - Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4

     

     

    SASARAN PROGRAM

    1 TAHUN

    ( 2006 / 2007 )

    (Program Jangka Pendek)

    1. Tingkat Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 90%.

    2. Target pencapaian rata-rata Nilai Ujian Nasional lulusan ³5,0

    3. 40 % lulusan dapat diterima di PTN, baik melalui jalur BEBAS TES maupun UMPTN.

    4. 50% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

    5. Memiliki ekstra kurikuler unggulan (PMR, Pramuka, Seni, Olahraga dan Paskibraka yang mencapai prestasi tertinggi dalam lomba tingkat Kota)

    6. 60 % berhasil mencapai prestasi tinggi dalam penyelenggaraan lomba ditingkat kota, provinsi dan Nasional (Olimpiade Sains, LCT,Debat Bah.Inggris, KIR )

    7. 30 % siswa mampu dan aktif berbahasa Inggris, dan memperoleh TOEFL ³ 300

    8. 15 % guru mampu dan aktif berbahasa Inggris, dan memperoleh TOEFL ³ 300

    9. 50 % siswa mampu menguasai pengunaan TIK (Microsoft Word dan Excel

    10. 30 % Sistem Pengelolaan administrasi tenaga kependidikan dan peserta didik berbasis TIK

    SASARAN PROGRAM

    1 TAHUN

    ( 2006 / 2007 )

    (Program Jangka Pendek)

    11. 30 % siswa memiliki kepedulian lingkungan sekolah yang tertib, aman dan asri serta mempertahankan predikat terbaik sebagai sekolah terbaik diprovinsi Sultra di bidang akademik dan berwawasan lingkungan

    12. 80 % Ketercapaian Tingkat kinerja Kepala Sekolah, Wakasek, Guru, BP dan Karyawan TU

    13. 25 % Tersedianya bahan ajar , sarana dan Prasarana yang menunjang proses belajar mengajar berbasis ICTdi kelas .

    14. Tingkat keterlaksanaan Tata tertib sekolah 90%.

    15. Membentuk daya saing dan berkarakter bangsa

    SASARAN PROGRAM 4 TAHUN

    ( 2006 / 2010 )

    (Program Jangka Menengah)

    1. Tingkat Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 95%.

    2. Target pencapaian rata-rata Nilai Ujian Nasional lulusan ³6,5.

    3. 50 % lulusan dapat diterima di PTN baik melalui jalur BEBAS TES maupun UMPTN.

    4. 60% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

    5. Memiliki ekstra kurikuler unggulan (PMR, Pramuka, Seni, Olahraga dan Paskibraka yang mencapai prestasi tertinggi dalam lomba tingkat Kota, Provinsi)

    6. 70 % berhasil mencapai prestasi tinggi dalam penyelenggaraan lomba ditingkat kota, provinsi dan Nasional (Olimpiade Sains, LCT,Debat Bah.Inggris, KIR )

    7. 50 % siswa mampu dan aktif berbahasa Inggris, dan memperoleh TOEFL ³ 400

    8. 30 % guru mampu dan aktif berbahasa Inggris, dan memperoleh TOEFL ³ 400

    9. 75 % siswa mampu menguasai pengunaan TIK (Microsoft Word , Excel, Power point dan Internet).

    10. 75 % Sistem Pengelolaan administrasi tenaga kependidikan dan peserta didik berbasis TIK

    SASARAN PROGRAM

    4 TAHUN

    ( 2006 / 2010 )

    (Program Jangka Menengah)

    11. 50 % siswa memiliki kepedulian lingkungan sekolah yang tertib, aman dan asri serta mempertahankan predikat terbaik sebagai sekolah terbaik diprovinsi Sultra di bidang akademik dan berwawasan lingkungan

    12. 90 % ketercapaian Tingkat kinerja Kepela Sekolah, Guru, BP dan Karyawan TU

    13. 40 % Tersedianya bahan ajar , sarana dan Prasarana yang menunjang proses belajar mengajar berbasis ICTdi kelas

    14. Tingkat keterlaksanaan Tata tertib sekolah 95%.

    15. 50% Terciptanya daya saing dan berkarakter bangsa (olah pikir, olah hati, olah rasa dan olah raga )

    SASARAN PROGRAM

    10 TAHUN

    ( 2006 / 2016 )

    (Program Jangka Panjang)

    1. Tingkat Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 97 %.

    2. Target pencapaian rata-rata Nilai UN lulusan > 7,5.

    3. 80 % lulusan dapat diterima di PTN baik melalui jalur BEBAS TES maupun SMPTN.

    4. 80% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

    5. Memiliki ekstra kurikuler unggulan (PMR, Pramuka, Seni, Olahraga dan Paskibraka yang mencapai prestasi tertinggi dalam lomba tingkat Kota, Provinsi dan Nasional )

    6. 90 % berhasil mencapai prestasi tinggi dalam penyelenggaraan lomba ditingkat kota, provinsi dan Nasional (Olimpiade Sains, LCT,Debat Bah.Inggris, KIR )

    7. 75 % siswa mampu dan aktif berbahasa Inggris, dan memperoleh TOEFL ³ 400

    8. 50 % guru mampu dan aktif berbahasa Inggris, dan memperoleh TOEFL ³ 400

    9. 100 % siswa mampu menguasai pengunaan TIK (Microsoft Word, Excel, Power point , desain grafis dan Internet).

    10. 100 % Sistem Pengelolaan administrasi tenaga kependidikan dan peserta didik berbasis TIK

    SASARAN PROGRAM

    10 TAHUN

    ( 2006 / 2016 )

    (Program Jangka Panjang)

    11. 80 % siswa memiliki kepedulian lingkungan sekolah yang tertib, aman dan asri serta mempertahankan predikat terbaik sebagai sekolah terbaik diprovinsi Sultra di bidang akademik dan berwawasan lingkungan

    12. 95 % Ketercapaian Tingkat kinerja Kepala Sekolah, Wakasek, Guru, BP dan Karyawan TU

    13. 75 % Tersedianya bahan ajar , sarana dan Prasarana yang menunjang proses belajar mengajar berbasis ICTdi kelas .

    14. Tingkat keterlaksanaan Tata tertib sekolah 100 %.

    15. 90 % Terciptanya warga sekolah yang berdaya saing , berkarakter bangsa, olah pikir, olah hati, olah rasa dan olah raga

     

    Sasaran program tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan strategi pelaksanaan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah sebagai berikut :

    1. mengadakan pembinaan terhadap siswa, guru dan karyawan secara berkelanjutan;

    2. mengadakan jam tambahan belajar pada mata pelajaran Ujian Nasional;

    3. melakukan kerjasama dengan pihak pemerintah Kota, Diknas dan Lembaga Bimbel yang ada di wilayah Kota Kendari untuk melaksanak Try Out SMPTN, membantu pembiayaan bagi siswa yang mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi;

    4. mengadakan Tadarusan setiap hari jumat/Ibadah, pengajian peringatan hari besar Islam, dan membentuk kelompok-kelompok pengajian peserta didik;

    5. menjalin komunikasi yang baik dengan Diknas Kota Kendari dan pembinaan siswa berbakat secara kontinu

    6. membentuk sains club,sosial club, , english club dan pembinaan secara kontinu

    7. perbaikan laboratorium bahasa; membentuk kelompok gemar Bahasa Inggris penetapan English day , dan surat-menyurat sakit dalam bahasa Inggris

    8. penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pada mata pelajaran sains, pelatihan / kursus penggunaan bahasa Inggris dalam pembelajaran

    9. pengadaan komputer , jaringan hospot internet , penambahan daya listrik dan ruang kelas ber AC

    10. mengadakan pengembangan dan implementasi Program PAS dalam sistem administrasi sekolah

    11. memasukkan PLH pada Mulok , pembentukan ORDIBASIS Sadar Lingkungan

    12. pembinaan SDM terhadap guru dan karyawan secara berkelanjutan;

    13. mengadakan pelatihan bahan ajar, melibatkan komite , pihak terkait untuk memperhatikan sarana dan prasarana Sekoah

    14. Pembinaan dan ditegakkannya tata tertib , sangsi bagi siswa yang melanggar

    D. Standar Kompetensi Lulusan

    Standar Kompetensi Lulusan (SKL) , SMA Negeri 1 Kendari mengacu pada SKL yang telah ditetapkan dalam Permendiknas nomor 23 tahun 2006, dan telah dimodifikasi dalam arti kedalaman, keluasan, percepatan, maupun jenisnya yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa serta adaptasi dan adopsi kurikulum negara OECD sesuai tuntutan RSBI.

    Mata Pelajaran

    Standar Kompetensi Lulusan

    1. Pendidikan Agama Islam

    1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

    2. Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna

    3. Berperilaku terpuji seperti hasnuzzhan, taubat dan raja dan meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabzir dan fitnah

    4. Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam

    5. Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia

    2. Pendidikan Agama Kristen

    1. Mewujudkan nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial

    2. Merespon berbagai bentuk kehidupan modern, perkembangan budaya dan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan mengacu pada ajaran Kristen

    3. Bertanggung jawab sebagai orang Kristen dalam kehidupan gereja, masyarakat dan bangsa

    4. Menyampaikan berita damai dan menjadi pembawa damai sejahtera

    3. Pendidikan Agama Katolik

    1. Peserta didik dapat menguraikan pemahaman tentang pribadinya sebagai pria dan wanita serta sebagai Citra Allah yang memiliki akal budi untuk berpikir kritis serta memiliki suara hati dan kehendak yang bebas untuk bertindak secara bertanggung jawab.

    2. Peserta didik menguraikan pemahaman tentang pribadi Yesus Kristus yang diwartakan oleh Kitab Suci dan diajarkan oleh Gereja dan bagaimana upaya nyata meneladani dalam hidup sehari-hari.

    3. Peserta didik dapat menguraikan pemahaman makna Gereja, fungsi dan sifat-sifatnya serta hubungannya dengan dunia dan bagaimana menghayati dalam hidup bergereja.

    4. Peserta didik menguraikan fungsi Gereja yaitu melanjutkan perutusan Yesus untuk mewartakan Kerajaan Allah dan melibatkan diri dalam perutusan itu untuk memperjuangkan martabat dan hak asasi manusia dengan menegakkan nilai-nilai Kerajaan Allah, antara lain: keadilan, kejujuran dan keutuhan lingkungan hidup.

    4. Pendidikan Kewarga-negaraan

    1. Memahami hakekat bangsa dan Negara Kesatuan Repubilik Indonesia

    2. Menganalisis sikap positif terhadap penegakan hukum, peradilan nasional, dan tindakan anti korupsi

    3. Menganalisis pola-pola dan partisipasi aktif dalam pemajuan, penghormatan serta penegakan HAM baik di Indonesia maupun di luar negeri

    4. Menganalisis peran dan hak warganegara dan sistem pemerintahan NKRI

    5. Menganalisis budaya politik demokrasi, konstitusi, kedaulatan negara, keterbukaan dan keadilan di Indonesia

    6. Mengevaluasi hubungan internasional dan sistem hukum internasional

    7. Mengevaluasi sikap berpolitik dan bermasyarakat madani sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945

    8. Menganalisis peran Indonesia dalam politik dan hubungan internasional, regional, dan kerja sama global lainnya

    9. Menganalisis sistem hukum internasional, timbulnya konflik internasional, dan mahkamah internasional

    5. Bahasa Indonesia

    1. Mendengarkan

    Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian berita, laporan, saran, berberita, pidato, wawancara, diskusi, seminar, dan pembacaan karya sastra berbentuk puisi, cerita rakyat, drama, cerpen, dan novel

    2. Berbicara

    Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan berkenalan, diskusi, bercerita, presentasi hasil penelitian, serta mengomentari pembacaan puisi dan pementasan drama

    3. Membaca

    Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis teks nonsastra berbentuk grafik, tabel, artikel, tajuk rencana, teks pidato, serta teks sastra berbentuk puisi, hikayat, novel, biografi, puisi kontemporer, karya sastra berbagai angkatan dan sastra Melayu klasik

    4. Menulis

    Menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, teks pidato, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, drama, kritik, dan esei

    6. Bahasa Inggris

    1. Mendengarkan

    Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, dan review, dalam konteks kehidupan sehari-hari

    2. Berbicara

    Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, dan review, dalam konteks kehidupan sehari-hari

    3. Membaca

    Memahami makna dalam wacana tertulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, dan review, dalam konteks kehidupan sehari-hari

    4. Menulis

    Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, dan review, dalam konteks kehidupan sehari-hari

    7. Matematika

    Program IPA

    1. Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkarannya, menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor, serta menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah

    2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, fungsi kuadrat, fungsi eksponen dan grafiknya, fungsi komposisi dan fungsi invers, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, persamaan lingkaran dan persamaan garis singgungnya, suku banyak, algoritma pembagian dan teorema sisa, program linear, matriks dan determinan, vektor, transformasi geometri dan komposisinya, barisan dan deret, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

    3. Menentukan kedudukan, jarak dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang di ruang dimensi tiga serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

    4. Memahami konsep perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri, rumus sinus dan kosinus jumlah dan selisih dua sudut, rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

    5. Memahami limit fungsi aljabar dan fungsi trigonometri di suatu titik dan sifat-sifatnya, turunan fungsi, nilai ekstrem, integral tak tentu dan integral tentu fungsi aljabar dan trigonometri, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah

    6. Memahami dan mengaplikasikan penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, gambar, grafik, dan ogive, ukuran pemusatan, letak dan ukuran penyebaran, permutasi dan kombinasi, ruang sampel dan peluang kejadian dan menerapkannya dalam pemecahan masalah

    7. Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan

    8. Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mempunyai kemampuan bekerjasama

    Program IPS

    1. Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkarannya, menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor, serta menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor

    2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, fungsi kuadrat dan grafiknya, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, komposisi dan invers fungsi, program linear, matriks dan determinan, vektor, transformasi geometri dan komposisinya, barisan dan deret, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

    3. Menentukan kedudukan, jarak dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang di ruang dimensi tiga serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

    4. Memahami konsep perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

    5. Memahami limit fungsi aljabar dan fungsi trigonometri di suatu titik dan sifat-sifatnya, turunan fungsi, nilai ekstrem, integral tak tentu dan integral tentu fungsi aljabar dan trigonometri, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah

    6. Mengaplikasikan penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, gambar, grafik, dan ogive, ukuran pemusatan, letak dan ukuran penyebaran, permutasi dan kombinasi, ruang sampel dan peluang kejadian, dalam pemecahan masalah

    7. Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan

    8. Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif, serta mempunyai kemampuan bekerjasama.

    8. Fisika

    1. Melakukan percobaan, antara lain merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis, menentukan variabel, merancang dan merakit instrumen, mengumpulkan, mengolah dan menafsirkan data, menarik kesimpulan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis

    2. Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung secara cermat, teliti, dan obyektif

    3. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik, kekekalan energi, impuls, dan momentum

    4. Mendeskripsikan prinsip dan konsep konservasi kalor sifat gas ideal, fluida dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika serta penerapannya dalam mesin kalor

    5. Menerapkan konsep dan prinsip optik dan gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi

    6. Menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai masalah dan produk teknologi

    7. Menganalisis keterkaitan antara fisika kuantum dan penerapannya pada relativitas Einstein *)

    8. Menerapkan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi *)

    9. Biologi

    1. Merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis, menentukan variabel, merancang dan merakit instrumen, menggunakan berbagai peralatan untuk melakukan pengamatan dan pengukuran yang tepat dan teliti, mengumpulkan, mengolah, menafsirkan dan menyajikan data secara sistematis, dan menarik kesimpulan sesuai dengan bukti yang diperoleh, serta berkomunikasi ilmiah hasil percobaan secara lisan dan tertulis

    2. Memahami keanekaragaman hayati dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya.

    3. Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan energi, serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem

    4. Memahami konsep sel dan jaringan, keterkaitan antara struktur dan fungsi organ, kelainan dan penyakit yang mungkin terjadi pada sistem organ, serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat

    5. Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, proses metabolisme dan hereditas, evolusi dan implikasinya dengan sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat

    6. Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat

    10. Kimia

    1. Melakukan percobaan, antara lain merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis, menentukan variabel, merancang dan merakit instrumen, mengumpulkan, mengolah dan menafsirkan data, menarik kesimpulan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis

    2. Memahami hukum dasar dan penerapannya, cara perhitungan dan pengukuran, fenomena reaksi kimia yang terkait dengan kinetika, kesetimbangan, kekekalan masa dan kekekalan energi

    3. Memahami sifat berbagai larutan asam-basa, larutan koloid, larutan elektrolit-non elektrolit, termasuk cara pengukuran dan kegunaannya

    4. Memahami konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia serta penerapannya dalam fenomena pembentukan energi listrik, korosi logam, dan pemisahan bahan (elektrolisis)

    5. Memahami struktur molekul dan reaksi senyawa organik yang meliputi benzena dan turunannya, lemak, karbohidrat, protein, dan polimer serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari

    11. Sejarah

    Kelas X

    1. Memahami ruang lingkup ilmu sejarah

    2. Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

    3. Menganalisis masa pra-aksara dan masyarakat aksara pada masyrakat Indonesia

    4. Menganalisis kehidupan awal masyarakat di Indonesia meliputi peradaban awal, asal-usul dan persebaran manusia di wilayah nusantara/Indonesia

    Program IPA

    1. Menganalisis perkembangan masa negara-negara tradisional yang meliputi masa Hindu-Buddha, Islam di Indonesia

    2. Membandingkan perkembangan masyarakat Indonesia masa penjajahan Hindia-Belanda dan Pemerintahan Pendudukan Jepang

    3. Menganalisis proses kelahiran dan pertumbuhan nasionalisme di Indonesia

    4. Merenkonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia sejak Proklamasi Kemerdekaan sampai dengan periode Demokrasi terpimpin

    5. Merekonstruksi pergantian pemerintahan masa awal kemerdekaan (1945-1955), Demokrasi terpimpin (1955-1967), ke masa pemerintahan Orde Baru (1967-1998) sampai periode Reforrmasi (sejak 1998 s/d sekarang)

    6. Merekonstruksi perkembangan masyarakat pada masa Orde Baru

    7. Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesudah Perang Dunia II sampai dengan pertumbuhan teknologi mutahir

    Program IPS

    1. Menganalisis kehidupan awal, peradaban manusia Indonesia dan bangsa-bangsa lain di dunia, serta asal usul dan persebaran manusia di Indonesia

     

    2. Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia pada masa Negara tradisional, meliputi perkembangan budaya, agama, dan sistem pemerintahan masa Hindu-Buddha, masa Islam, proses interaksi antara tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia

    3. Menganalisis kesejarahan masa kolonial Hindia Belanda (pengaruh Barat) meliputi perubahan ekonomi, demografi, sosial, serta politik dan masa kolonial Jepang yang meliputi perubahan sosial-ekonomi, politik

    4. Menganalisis pengaruh berbagai revolusi politik dan sosial di dunia (Revolusi Perancis, revolusi Amarika, revolusi Rusia) terhadap perubahan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia

    5. Menganalisis peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945, terbentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan lahirnya Undang-Undang Dasar 1945

    6. Menganalisis perkembangan masyarakat Indonesia mulai masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha, kerajaan-kerajaan Islam, permerintahan colonial Belanda, Inggris, Pemerintahan Pendudukan Jepang, meliputi politik (lahirnya gerakan pendidikan dan nasionalisme), cita-cita terbentuknya Negara merdeka dan sebagainya

    7. Menganalisis perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan dan persatuan NKRI darii ancaman disintegrasi bangsa, antara lain Peristiwa Madiun 1948, Pemnerontakan DI/TII, Peristiwa PERMESTA, Peristiwa Andi Azis, RMS, PRRI, dan Gerakan G-30-S/PKI

    8. Menganalisis perkembangan masyarakat Indonesia sejak Proklamasi sampai dengan masa Orde Baru, dan masa Reformasi, meliputi Masa Pemerintahan Demokrasi Terpimpin (Orde baru, 1945-1967), masa Demokrasi Pancasila (Orde Baru, 1967-1998), dan masa peralihan ke masa Reformasi(1998 –sekarang)

    12. Geografi

    1. Memahami hakikat, objek, ruang lingkup, struktur, dan pendekatan Geografi

    2. Mempraktekkan keterampilan dasar peta dan memanfaatkannya dalam mengkaji geosfer

    3. Memahami pemanfaatan citra dan SIG sebagai wahana memvisualkan geosfer

    4. Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan unsur-unsur geosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi

    5. Memahami pola dan aturan tata surya dan jagad raya dalam kaitannya dengan kehidupan di muka bumi

    6. Memahami sumber daya alam dan pemanfaatannya secara arif

    7. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan

    8. Menganalisis konsep wilayah dan pewilayahan dalam kaitannya dengan perencanaan pembangunan wilayah, pedesaan dan perkotaan, serta negara maju dan berkembang

    13. Ekonomi

    1. Menganalisis permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia dan sistem ekonomi

    2. Mendeskripsikan kegiatan ekonomi produsen, konsumen, permintaan, penawaran dan harga keseimbangan melalui mekanisme pasar

    3. Mendeskripsikan kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi dalam kaitannya dengan pendapatan nasional, konsumsi, tabungan dan investasi, uang dan perbankan

    4. Memahami pembangunan ekonomi suatu negara dalam kaitannya dengan ketenagakerjaan, APBN, pasar modal dan ekonomi terbuka

    5. Menyusun siklus akuntansi perusahaan jasa dan perusahaan dagang

    6. Memahami fungsi-fungsi manajemen badan usaha, koperasi dan kewirausahaan

    14. Sosiologi

    1. Memahami sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan

    2. Memahami proses interaksi sosial di dalam masyarakat dan norma yang mengatur hubungan tersebut serta kaitannya dengan dinamika kehidupan sosial

    3. Mengidentifikasi kegiatan bersosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian

    4. Mengidentifikasi berbagai perilaku menyimpang dan anti sosial dalam masyarakat

    5. Menganalisis hubungan antara struktur dan mobilitas sosial dalam kaitannya dengan konflik sosial

    6. Mendeskripsikan berbagai bentuk kelompok sosial dan perkembangannya dalam masyarakat yang multikutural

    7. Menjelaskan proses perubahan sosial pada masyarakat dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat

    8. Menjelaskan hakikat dan tipe-tipe lembaga sosial dan fungsinya dalam masyarakat

    9. Melakukan penelitian sosial secara sederhana dan mengkominukasikan hasilnya dalam tulisan dan lisan

    15. Seni Budaya

    Seni Musik

    1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik tradisional dan nontradisional dengan beragam teknik, media, dan materi musik daerah setempat

    2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik tradisional dan nontradisional dengan beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik Nusantara

    3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik tradisional dan nontradisional dengan beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik mancanegara (NonAsia)

    Seni Tari

    1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari kreasi bentuk tari tunggal atau berpasangan/kelompok dalam konteks budaya masyarakat daerah setempat

    2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari kreasi bentuk tari tunggal atau berpasangan/kelompok dalam konteks budaya masyarakat Nusantara

    3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari kreasi bentuk tari tunggal atau berpasangan/kelompok mancanegara (NonAsia) dalam konteks budaya masyarakatnya.


    Seni Teater

    1. Mengapresiasi dan bereksplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara

    2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater tradisional dan nontradisional dan seni teater kreatif daerah setempat dalam konteks budaya masyarakat

    3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater tradisional dan nontradisional dan seni teater kreatif Nusantara dalam konteks budaya masyarakat

    4. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater tradisional, dan nontradisional dan seni teater kreatif mancanegara (NonAsia) dalam konteks budaya masyarakat

    Seni Rupa (Program IPA)

    1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat dan Nusantara

    2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni terapan dengan memanfaatkan teknik mistar dan proyeksi dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan Nusantara dan mancanegara

    3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa murni dan terapan (modern/ kontemporer) yang dikembangkan dari beragam unsur, corak dan teknik seni rupa Nusantara

    Seni Rupa (Program IPS dan Bahasa)

    1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat dan Nusantara

    2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara dan mancanegara

    3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa murni dan terapan (modern/kontemporer) yang dikembangkan dari beragam unsur, corak dan teknik seni rupa Nusantara

    16. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

    1. Mempraktekkan keterampilan permainan dan olahraga dengan menggunakan peraturan

    2. Mempraktekkan rangkaian senam lantai dan irama serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

    3. Mempraktekkan pengembangan mekanik sikap tubuh, kebugaran jasnani serta aktivitas lainnya

    4. Mempraktekkan gerak ritmik yang meliputi senam pagi, senam aerobik, dan aktivitas lainnya

    5. Mempraktekkan kegiatan dalam air seperti renang, permainan di air dan keselamatan di air

    6. Mempraktekkan kegiatan-kegiatn di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam sekitar, mendaki gunung, dan lain-lain

    7. Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta lingkungan yang sehat, mengenal berbagai penyakit dan cara mencegahnya serta menghindari narkoba dan HIV

    17. Teknologi Informasi dan Komunikasi

    1. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ditopang oleh sikap cermat dan menghargai Hak Atas Kekayaan Intelektual

    2. Menggunakan perangkat pengolah kata, pengolah angka, pembuat grafis dan pembuat presentasi dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram untuk menghasilkan informasi

    3. Memahami prinsip dasar Internet/intranet dan menggunakannya untuk memperoleh informasi, berkomunikasi dan bertukar informasi

    18. Bahasa Asing

    (Bah. Jerman, Jepang, Arab)

    1. Mendengarkan

    Memahami makna dalam wacana lisan berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata

    2. Berbicara

    Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata

    3. Membaca

    Memahami makna dalam wacana tertulis berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata

    4. Menulis

    Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata

    BaBahasa Arab/Jerman /Jepang (Program Bahasa)

    1. Mendengarkan

    Memahami makna dalam wacana lisan berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, layanan umum, dan pekerjaan

    2. Berbicara

    Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, layanan umum, dan pekerjaan

    3. Membaca

    Memahami makna dalam wacana tertulis berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, layanan umum, dan pekerjaan

    4. Menulis

    Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, layanan umum, dan pekerjaan

    19. Muatan Lokal

    Pendidikan Lingkungan Hidup

    1. Mendeskripsikan konsep pendidikan lingkungan, kepedulian dan budaya lingkungan bersih

    2. Mempraktekkan tehnik pengelolaan lingkungan dan pengelolaan sampah dalam kehidupan sehari-hari dan pemecahan masalah

    3. Memahami dan mempraktikan konsep Kota dalam taman kota Kendari yang berorientasi pada pendidikan lingkungan

    4. Melakukan praktik penyusunan program pendukung pencapaian konsep Kota Dalam Taman

    5. Mendeskripsikan dan menjelaskan potensi ekosistem perairan yang menonjol di Sulawesi Tenggara

    6. Mendeskripsi potensi wisata bahari di Sulawesi Tenggara sebagai upaya peningkatan kesejahteraan

    7. Mendeskripsikan permasalahan ekosistem perairan di Sulawesi Tenggara dan upaya pemecahannya

    8. Mendeskripsikan permasalahan ekosistem daratan di Sulawesi Tenggara dan upaya pemecahannya

    ___________________________________________________________________   Bab 3 hal...

    LAST_UPDATED2
     


    JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
    • Baner
    • Baner
    • Baner
    • Baner
    • Baner