PTK : Peningkatan keaktifan siswa dalam proses belajar biologi materi Virus kelas X MIPA-3 SMA Negeri 1 Kendari melalui pembelajaran Think, Talk, and Write.
ABSTRAK
Peningkatan keaktifan siswa dalam proses belajar biologi materi Virus kelas X MIPA-3 SMA Negeri 1 Kendari melalui pembelajaran Think, Talk, and Write.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam berpikir kritis, bertanya, berkomunikasi, dan berkarya di kelas X SMA Negeri 1 Kendari. Penelitian ini menggunakan dua siklus inovasi pembelajaran think, write and talk, yaitu sebagai berikut : (1) Siswa diberi kesempatan mencari sumber belajar sendiri dan menuliskan konsep- konsep atau ide- ide penting kemudian menyampaikan pada siswa lain. (2) Disiapkan sumber belajar dan lembar kegiatan siswa kemudian menuliskan konsep atau ide- ide penting untuk dipamerkan dan disampaikan pada kelompok lain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran dengan think, write, and talk dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam berpikir kritis, bertanya, berkomunikasi, dan berkarya untuk menemukan konsep dan ide- ide baru. Tiap siklus terlihat ada kenaikan pada siklus (1) 10,43 % dan siklus (2) Sehingga kegiatan pembelajaran think, write, and talk dapat (1) memotivasi belajar lebih meningkat (2) keberanian bertanya dan menyampaikan pendapat lebih aktif, (3) meningkatnya hasil prestasi belajar siswa.