Skip to main content

SMAN 1 Kendari Siap dan Terdepan dalam Implementasi Program Ketahanan Pangan

Kendari, 19 Mei 2023 - SMAN 1 Kendari menggelar rapat guru pada hari Jumat, 19 Mei 2023 pukul 07.00 WITA di ruang guru SMAN 1 Kendari. Kepala SMAN 1 Kendari, Ruslan, S.Pd., M.Si. memimpin rapat tersebut dengan agenda pembahasan terkait program KETAHANAN PANGAN SISWA SMA/SMK yang dicanangkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara, YUSMIN, S.Pd., M.H.

Program tersebut diberi nama Gerakan Ketahanan Pangan Siswa SMA/SMK Sulawesi Tenggara Terintegrasi Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan serta Teaching Factory dalam Rangka Implementasi Program Merdeka Belajar dan Penguatan Program Proyek Profil Pelajar Pancasila (P5). Komoditas budidaya tanaman yang dipilih adalah cabe rawit, tomat, bawang merah, jagung, dan umbi-umbian.

Kepala SMAN 1 Kendari Ruslan, S.Pd., M.Si menyatakan bahwa Program Ketahanan Pangan Siswa SMA/SMK Sulawesi Tenggara yang diimplementasikan di SMAN 1 Kendari diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi sekolah tersebut. Beberapa manfaat yang diharapkan dari program tersebut adalah:

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan SMAN 1 Kendari dalam bidang agribisnis dan kewirausahaan.
  2. Memperkenalkan siswa pada konsep ketahanan pangan dan memberikan pemahaman tentang pentingnya memproduksi makanan sendiri.
  3. Meningkatkan keterampilan siswa dalam budidaya tanaman dan pengelolaan produk pertanian yang berkelanjutan.
  4. Meningkatkan keterlibatan siswa dalam kegiatan sekolah dan kegiatan di luar sekolah, seperti kegiatan sosial dan lingkungan.
  5. Meningkatkan citra positif SMAN 1 Kendari di masyarakat sekitar sebagai lembaga yang peduli terhadap program-program pembangunan daerah dan lingkungan hidup.

Dengan adanya manfaat tersebut, SMAN 1 Kendari diharapkan dapat meningkatkan prestasi siswa dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah tersebut.

Hasil produksi program ini nantinya akan dimanfaatkan dengan cara disumbangkan kepada peserta didik dari keluarga tidak mampu, kepada pendidik dan tenaga kependidikan honorer sekolah, kepada warga sekitar sekolah dari keluarga tidak mampu, dan kelebihan produksi setelah kebutuhan sumbangan terpenuhi akan dipasarkan dan hasil penjualan dimanfaatkan untuk membiayai keberlanjutan program pada tahap berikutnya secara berkesinambungan. Pada akhirnya Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Sulawesi Tenggara dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar sekolah.

Add new comment

Restricted HTML

  • You can align images (data-align="center"), but also videos, blockquotes, and so on.
  • You can caption images (data-caption="Text"), but also videos, blockquotes, and so on.